Cegah serangan Ransomeware, jaringan internet RS di Semarang diputus

Share it:
 
Merdeka.com - Pemerintah Kota Semarang melakukan sejumlah cara untuk mengantisipasi serangan virus malware ransomware wannacrypt ke sejumlah rumah sakit. Salah satu langkah antisipasi dengan memutus sementara sejumlah jaringan internet di RS KRMT Wongsonegoro dini hari kemarin untuk proses backup data.

"Butuh waktu sekitar 3 jam untuk kami melakukan backup secara offline. Baru jam 03.00 kami aktifkan kembali," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kepada merdeka.com, Senin (15/5).

Hendi menjelaskan, proses backup data dilakukan dengan menempatkan pada komputer berbasis Linux karena dikabarkan virus WannCry mengincar Windows. Menurut Hendi, proses backup secara offline itu tidak sampai mengganggu pelayanan rumah sakit.

"Alhamdulillah proses tersebut berjalan lancar dan sampai saat ini tidak ada sistem pelayanan yang terganggu," kata dia.

Sementara itu, Direktur RS KRMT Wongsonegoro, Susi Herawati mengatakan pengambilan waktu backup pada jam itu dikarenakan aktifitas yang membutuhkan jaringan internet pada saat itu tidak banyak.

"Kita ambil jam-jam tersebut karena aktivitas lebih sedikit," pungkas Susi. [gil]
Walikota Semarang Hendrar Prihadi. ©2017 merdeka.com/parwito
sumber : merdeka.com 
Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Berita

Post A Comment:

0 comments: