Sembilan SMKN di Tanggamus Terapkan UNBK

Share it:


Harianmomentum--Sembilan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kabupaten Tanggamus melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), tanpa ada kendala.
Menurut Kepala MKKS SMK Kabupaten Tanggamus Akhmad Sudjito, hingga hari kedua pelaksanaan UNBK berjalan mulus tanpa ada kendala.
"Alhamdulillah secara keseluruhan tidak ada kendala, baik jaringan maupun ketersediaan listrik lancar,” kata Akhmad, Selasa (04/04/17).
Khusus pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Talangpadang, dibagi dalam tiga sesi karena menyesuaikan jumlah siswa dan komputer yang tersedia.
“Mungkin di SMK lain berbeda ada yang dua sesi, disesuaikan dengan jumlah siswa dan komputer," kata Akhmad.
Menurutnya, pelaksanaan UN dimulai Senin (03/04) hingga Kamis (06/04), dengan jadwal mata pelajaran hari pertama yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan teori Kejuruan.
Jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti UN sebanyak 1.905 siswa, dari 21 SMK se Tanggamus.
SMK yang telah menerapkan UNBK yakni berjumlah sembilan sekolah, 12 sekolah masih menerapkan sistem lembar jawaban kerja (LJK).
"Rata rata yang telah menerapkan UNBK ialah SMK Negeri, sedangkan untuk sekolah swasta masih menerapkan lembar jawaban kerja,” jelasnya.
Ia menambahkan, sembilan sekolah yang menyelenggarakan UNBK tersebut yakni: SMKN 1 Talang Padang, SMKN 1 Pugung, SMKN 1 Kotaagung Barat, SMKN 1 Kotaagung Timur, SUPMN Kotaagung Barat, SMK Muhammadiyah Gisting, SMK Muhammadiyah Kotaagung, SMK Darul Fikri, Pugung, dan SMK Harapan Bangsa, Ulu Belu.
Menurutnya, penerapan UN berbasis komputer, pada tahun ajaran (TA) 2016/2017 memang belum diwajibkan, sehingga masih ada yang belum menerapkan.
"Penerapan UNBK sangat membantu pihak sekolah karena lembar jawaban langsung dari pusat dan tidak lagi dikawal, selain itu proses UN juga tidak melibatkan pengawas," jelas kepsek SMKN 1 Talangpadang ini. (red)

Sumber : http://harianmomentum.com/read/520/sembilan-smkn-di-tanggamus-terapkan-unbk
Share it:

Berita

Post A Comment:

0 comments: